banner image Assalamualaikum...Wr, Wb... Selamat datang di Website rickiaprialdi.com Media Berbagi Informasi... Admin sangat berharap dukungan dari Bapak/Ibu guru, siswa dan siswi sekalian dengan cara mengklik tombol IKUTI pada kolom pengikut dan jangan lupa Like, Comment and Subscribe di setiap vidio pembelajaran pada Channel Youtube Ricki Aprialdi semoga bisa selalu memberikan manfaat kepada banyak orang

Medan Listrik disekitar Benda Bermuatan

Medan Listrik disekitar Benda Bermuatan 

Medan Listrik didefinisikan sebagai daerah disekitar muatan listrik yang masih mendapatkan pengaruh gaya elektrostatis . Medan listrik juga termasuk besaran vektor karena mempunyai nilai dan arah. 

Medan listrik digambarkan dengan garis-garis gaya medan listrik yang arahnya menjauhi muatan positif dan mendekati muatan negatif seperti terlihat pada gambar berikut ini : 


Arah medan disuatu titik sama dengan arah gaya yang dialami muatan uji bila di tempatkan di titik P 

Besar medan listrik atau kuat medan listrik di titik P dapat kita hitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut 


Mari kita coba menghitung besarnya medan listrik di titik P 
 dengan memperhatikan contoh soal berikut ini 



Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat vidio penjelasan berikut ini : 


Klik Link Vidio dibawah ini

https://youtu.be/CAM8yQ0qFws


Latihan 

1.  Sebuah benda bermuatan + 40 uC di udara. Tentukanlah besar medan listrik dititik P dengan jarak 40 cm dan gambarkan arah medan listriknya!

2. Jika benda bermuatan - 60 uC di udara dan jarak titik P dengan muatan 30 cm. Tentukanlah besar medan listrik di titik P dan gambarkan arah medan listriknya !




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.