banner image Assalamualaikum...Wr, Wb... Selamat datang di Website rickiaprialdi.com Media Berbagi Informasi... Admin sangat berharap dukungan dari Bapak/Ibu guru, siswa dan siswi sekalian dengan cara mengklik tombol IKUTI pada kolom pengikut dan jangan lupa Like, Comment and Subscribe di setiap vidio pembelajaran pada Channel Youtube Ricki Aprialdi semoga bisa selalu memberikan manfaat kepada banyak orang

Hukum Coulomb pada Listrik Statis

Hukum Coulomb pada Listrik Statis 



Dua buah muatan listrik sejenis akan tolak menolak dan tidak sejenis akan tarik menarik 

Bunyi Hukum Coulomb adalah : 

"Besarnya gaya tarik menarik dan tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan besar muatan masing - masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya" 

Berikut ini gambar arah gaya coulomb dengan muatan sejenis dan muatan tidak sejenis 


Gambar muatan sejenis



Gambar muatan tidak sejenis

Untuk menghitung besar gaya tarik menarik dan tolak menolak antara dua muatan listrik dapat menggunakan rumus berikut ini 



Untuk lebih memudahkan, anda bisa lihat penjelasan contoh soal berikut ini 


Soal Latihan

1. Dua buah muatan listrik masing -masing Q1 =+20uC dan Q2 =-30 uC terpisah sejau 1 m. Hitunglah gaya elektrostatis antara kedua muatan dan gambarkanlah arah gaya coulomb pada kedua muatan tersebut !

2. Dua buah muatan listrik yang sejenis Q1 dan Q2 bernilai +40 uC terpisah sejauh 2 m. Hitunglah gaya elektrostatis antara kedua muatan dan gambarkanlah arah gaya coulomb pada kedua muatan tersebut!


Lihat penjelasan vidio tentang  Hukum Coulomb pada listrik statis berikut ini : 

Klik Link Vidio dibawah ini

https://youtu.be/jm_ijdOzza0



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.